Saturday, August 29, 2009

Agen TKI di Malaysia rugi Jutaan Ringgit

Agen TKI di Malaysia Rugi Jutaan Ringgit
Jum'at, 26 Juni 2009 , 21:10:00

KUALA LUMPUR, (PRLM).- Agen penyalur pembantu rumah tangga di Malaysia bersiap mengalami kerugian karena Indonesia akan menghentikan sementara pengiriman pekerja domestik ke negeri jiran.

Penghentian pengiriman tenaga kerja itu, yang akan diterapkan saat dua wakil pemerintahan bertemu awal bulan depan, akan menyebabkan lembaga penyalur tenaga kerja di Malaysia menderita kerugian jutaan ringgit.

"Berdasarkan statistik imigrasi, sekitar enam hingga tujuh pekerja domestik dibawa ke sini oleh agen penyalur tiap bulan," kata Raja Zulkeply Dahalan, presiden Asosiasi Malaysia untuk lembaga penyalur pekerja domestik asing, Jumat (26/6), seperti dikutip dari laman Earthtimes.

Zulkeply mengatakan, puluhan ribu keluarga akan menghadapi masalah berkaitan dengan penundaan pembantu pesanan mereka. Dia mendesak pemerintah Indonesia dan Malaysia untuk mencari solusi terbaik.

Terdapat sekitar 320.000 pembantu rumah tangga di Malaysia, sekitar 85 persen di antaranya berasal dari Indonesia. Kelompok pekerja dan hak asasi manusia menuntut agar peraturan pekerja Malaysia dirombak karena tidak melindungi hak-hak pekerja domestik. Saat ini, pekerja domestik asing tidak diperbolehkan menyimpan sendiri paspor mereka.

"Ada kasus kekerasan tertentu yang harus kita perhatikan, tetapi kedua pihak harus melihat lewat frame yang lebih lebar, dan kedua negara harus siap menghadapi kerugian jika penundaan pengiriman pekerja domestik itu diterapkan," kata Zulkeply.

Awal bulan ini, Malaysia mengumumkan peraturan wajib bagi majikan untuk memberikan satu hari libur tiap pekan bagi pembantu. Bila tidak dilakukan, mereka akan dikenai denda sebesar 10.000 ringgit (US$2.700). (das)***

1 comment:

  1. Buat saudara mau dibantu masalah uang gaib hub aki wara,karna saya sudah membuktikan bantuan uang gaib aki wara yang berminat,hub aki wara di nomor 0823 2170 4848

    ReplyDelete